5 Rekomendasi Content Creator Lokal eFootball Terbaik

 

Efootball adalah game rilisan Konami sekaligus pesaing EA Sports FC. Rilis pada tahun 1995 dengan nama Winning Eleven, game ini sukses menjadi game sepak bola terpopuler bersama EA Sports FC dari masa ke masa. Bagi para pemula yang ingin bermain bahkan mendalami game ini tentu akan sulit jika hanya asal main. Kami menghadirkan 5 Rekomendasi Content Creator lokal eFootball terbaik yang bisa membantu dan memandu player baru untuk bermain game ini.

 

            eFootball adalah salah satu game sepak bola populer di dunia. Game yang dibuat oleh Konami ini rilis pada tahun 1995 dengan nama Winning Eleven. Game ini rilis perdana di konsol PlayStation 1. Sebelum bernama eFootball, game pabrikan Jepang ini bernama PES (Pro Evolution Soccer), dan berganti nama pada musim panas 2021 lalu. Menurut Konami, bergantinya PES menjadi eFootball karena berfokus pada fitur online. eFootball menghadirkan konten-konten berbayar, yang mana player harus mengeluarkan biaya tertentu untuk mengakses konten-konten di dalam game. Versi konsol atau mobile, game ini terbilang seru dimainkan, baik main sendiri atau multiplayer. Perubahan meta, update, gameplay, season, pasti akan terjadi di setiap versi, baik saat masih bernama PES atau pun eFootball seperti sekarang. Maka dari itu kami menghadirkan 5 rekomendasi content creator lokal eFootball terbaik yang bermain di versi mobile dan konsol.

 

1.     1.  Dandy Purwadinata

 


Content Creator muda asal Tangerang ini memulai membuat konten sejak eFootball masih bernama PES 2018. Konten tutorial mendapatkan pemain di roll dan memperlihatkan gameplay menarik adalah ciri khasnya. Pria yang kerap disapa Bang Edun tersebut juga sudah beberapa kali collab content dengan content creator eFootball lainnya. Pria yang merupakan Manchester United ini mempunyai 530 ribu subscribers di YouTube. Selain membuat konten di YouTube, ia juga sering upload di TikTok yang saat ini sudah tembus 389 ribu followers. Selain aktif menjadi content creator, Bang Edun juga mempunyai kedai kopi yang bernama Menu koffie di Kabupaten Tangerang.

 

 

2.      2. Open Sharing Channel

 


Content creator yang terkenal dengan pembawaannya yang heboh ini juga merupakan salah satu content creator terbaik eFootball. Selain konten yang berisikan memberi trik mendapatkan pemain bagus, OSC juga sering membuat konten review pemain yang bertujuan memberikan gambaran kepada viewers agar paham dengan tipikal pemain yang tengah menjadi sorotan. Tidak hanya itu, OSC juga rutin memberikan bocoran update mingguan (Maintenance) yang hampir selalu akurat. Content creator yang berlogat melayu ini mempunyai 558 ribu subscribers di YouTube. Meski baru memulai kiprahnya di YouTube dari 2019, OSC mempunyai gameplay yang recommended untuk diikuti player eFootball. Serangan balik cepat dan double touch adalah salah satu ciri khas permainanya.

 

 

3.     3.  IKKY69

 


IKKY69 adalah seorang content creator eFootball yang memiliki 342 ribu subscribers di akun YouTubenya. Bernama asli Muhammad Rizki, pemuda tersebut memulai fokus mengonten sejak masih era PES 2020 lalu. Seperti content creator lainnya yang memberikan tips bermain, membagikan gameplay, informasi update, dan review pemain, Muhammad Rizki rutin upload untuk membantu kamu bermain eFootball. Ketika on cam, IKKY69 selalu tampil mencolok dengan rambut berwarna dan jersey sepak bola favoritnya, dan keunikan tersebut yang menjadi pembeda dari IKKY69 dengan content creator lainnya saat membuat video.

 

 

4.     4.  META GAME

 


Untuk kamu yang hendak bermain eFootball versi konsol dan membutuhkan panduan atau tutorial, akun YouTube META GAMES adalah rekomendasi yang tepat. Channel yang mempunyai 156 ribu subscribers ini memberikan tutorial, penjelasan gameplay, dan review PES lama yang update terbaru. Tidak hanya penjelasan tentang eFootball, channel ini juga membahas rival eFootball, EA Sports FC dan juga game olahraga, Tekken.

 

 

5.      5. PES INDONESIAN

 


Selain META GAME, PES INDONESIAN adalah salah satu channel yang membahas eFootball versi konsol. PES INDONESIAN sendiri bukan merupakan kepanjangan dari Pro Evolution Soccer, melainkan Play Engine Sports. Seperti channel lainnya yang memberikan penjelasan, trik, di game sepak bola terutama EA Sports dan eFootball. Tidak hanya itu, channel ini jua memberikan konten simulasi menjadi manajer di tim sepak bola lewat fitur master league. Channel yang sudah membuat konten sejak era PES 2018 ini memiliki lebih dari 1 juta subscribers di YouTube.

 

Teks: Muhammad Thariq Athallah

Comments