5 Alasan PES 2017 Menjadi Game Sepak Bola yang Memorable

 


Source: konami.com 

 

  


PES (Pro Evolution Soccer) 2017 adalah salah satu series terbaik PES sejauh ini. Game yang rilis pada 13 September 2016 ini sukses memikat pecinta video game sepak bola di seluruh dunia dari berbagai kalangan. Meski segi grafis dan lisensi masih kalah jauh dari pesaing beratnya, FIFA 17, game rilisan Konami ini masih sering dimainkan versi original maupun ditambahkan patch-nya. Jika kita bermain di rental dan sering kali menemui orang-orang yang bermain PS 3, itu adalah hasil mod dari para patcher yang mudah kita temui di toko game atau media sosial. Mod sendiri adalah versi termodifikasi dari aplikasi atau game di mobile atau konsol yang telah mengalami perubahan pada kode aslinya untuk memberikan fitur tambahan, konten, atau fungsionalitas yang tidak ada dalam versi resmi pada game.

September 2023 lalu, FIFA merubah nama mereka menjadi EA Sports FC karena delevoper EA tidak melanjutkan kontrak dengan FIFA. Hal tersebut tidak merubah bahwa PES 2017 masih menjadi game sepak bola favorit masyarakat Indonesia. Pada 2022 lalu, PES sudah berevolusi menjadi E-Football, masih banyak rental-rental PS di Indonesia yang masih memakai PES 2017 Mod untuk dimainkan oleh konsumennya. Para masyarakat yang bermain PES 2017 Mod juga merasakan kepuasan tersendiri, mulai dari grafisnya yang terbilang masih bagus untuk video game yang rilis bertahun-tahun lalu, gameplay yang nyaman, dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan membahasa alasan mengapa PES 2017 masih menjadi video game yang memorable sampai sekarang, untuk lebih lanjutnya, simak penjelasannya di bawah ini;


1.      Gameplay Nyaman

 

Source: SoccerBible 

 

 

Tidak bisa dipungkiri jika PES 2017 memiliki gameplay yang terbilang nyaman dan sudah memiliki ciri khasnya tersendiri yang dirasakan pecinta video game sepak bola. Kecepatan permainan (game speed) yang bisa diatur sesuai kemauan pemain adalah alasan game ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Aliran bola yang lancar saat bermain menjadi faktor gameplay PES 2017 masih diminati sampai sekarang. Walau E-Football memiliki grafis yang lebih realistis, gameplay PES 2017 masih unggul jauh. Salah satu kelemahan EA Sports FC saat masih bernama FIFA terletak pada gameplay yang banyak bug (kecacatan). Misalnya kaki pemain yang tersangkut ke badan lawan, pemain yang saling bertabrakan tidak bisa memisahkan diri, dan masih banyak lagi bug unik yang lucu di EA Sports FC. Bahkan kejadian ini menjadi konten video reaction yang sering trending yang dibuat oleh beberapa content creator terkenal. PES juga tidak luput dari kesalahan, tapi tidak sesering pesaingnya. Tidak hanya bagus di gameplay saat bermain di lapangan, PES 2017 sangat enak saat kita sedang mengatur formasi. Tampilan yang cukup berbeda sangat jelas terlihat di series sebelumnya (PES 2013).

 

 

 

 

2.      Grafis yang Tidak Pernah Ketinggalan Zaman

 

ThirstyMag.com 


PES 2017 memiliki grafis yang cukup bagus di zamannya, walau tetap masih kalah dari EA Sports FC di era sekarang. Tampilan pemain yang smooth dan dilengkapi detail kecil seperti mulut pemain yang bisa terbuka, lipatan jersey yang terlihat sampai mata pemain yang berkedip, menjadi alasan mengapa PES series ini masih sangat banyak dimainkan dan diperjualbelikan versi mod oleh para patcher. Bagi sebagian kalangan mungkin lebih mementingkan gameplay daripada grafis, jadi itu yang memebuat PES 2017 masih menjadi game sepak bola favorit sampai sekarang. 

 

 

3.      Fitur Lengkap

Gralingard 1


PES 2017 memiliki fitur pemainan yang terbilang cukup lengkap yang membuat player tidak mudah bosan saat memainkannya. Fitur yang popular di series ini adalah Carrer Mode. Player akan  merasakan sensasi menjadi manajer klub yang bisa mengatur keuangan, menjual beli pemain, sesuka hati, dan memimpin klub favoritnya di bermacam-macam ajang bergengsi. Di fitur ini kamu akan merasakan sensasi mengelola klub impianmu. Fitur Carrer Mode juga bisa merasakan degradasi dan promosi saat tim kamu terpuruk dan bangkit yang akan membuat kamu menjadi manajer profesional seperti yang kamu inginkan. Walau fitur Carrer Mode selalu ada di hampir tiap game sepak bola, Carrer Mode PES 2017 selalu ada kisah tersendiri bagi para pemainnya.

4.      Mudah Didapat dan Dipasang Mod


 

KING PES 1


Tidak seperti EA Sports FC yang terbilang sulit untuk mendapatkan crack-nya,, Para patcher PES 2017 selalu menghadirkan PES series terbaru tiap tahunnya. Crack sendiri adalah proses atau kegiatan di software secara illegal untuk menghapus, menonaktifkan, menambahkan, dan membuat fitur-fitur dalam penggunaan program secara lengkap. Tidak hanya PES 2017, series-series PES sebelumnya juga masih banyak ditemukan versi crack-nya. Para patcher biasanya memodifikasi PES 2017 saat musim transfer sepak bola berakhir. Di situ klub-klub mancanegara akan banyak pembaruan, seperti pemain yang hengkang dan datang, jersey terbaru klub, sampai pengurangan dan penambahan pemain yang baru muncul dan pensiun. Mereka akan berlomba-lomba membuat PES 2017 menjadi versi terbaru dan terbaiknya sesuai musim tersebut. Setelah para patcher selesai membuat modifikasi PES 2017, mereka akan mendistributorkannya ke toko game yang menerima jasa pengisian ulang game. Harga jasa pengisian ulangnya bervariasi, mereka mematok Rp20.000 sampai paling mahal Rp60.000 persatu gamenya.

 

 

5.      Kenangan di Tahun 2017

Source: Goal.com 1


Jika dibuat kesimpulan dari poin-poin di atas, kalangan yang masih bermain PES 2017 masih menikmati kenangan di tahun tersebut. Mereka menikmati game series ini beragam, ada yang bermain PES 2017 orisinal karena masih belum bisa move on dengan tim favoritnya yang sangat over power di series itu, ada yang main PES 2017 Mod karena tidak nyaman bermain di versi E-Football, ada yang karena terbiasa dari rental PS favoritnya, sampai tidak cukup budget untuk membeli versi orisinal dari tiap game sepak bola berbayar yang rilis tiap tahunnya. 

 

Teks: Muhammad Thariq Athallah

Comments

Popular Posts